Friday, 20 December 2013

Band mana yang personil nya tetap utuh setelah lebih dari satu dekade berkarier? Band mana yang memiliki prinsip 'lebih baik bubar daripada bermain playback'? Band mana yang memiliki paduan instrumen yang indah dan memiliki lirik bermakna dalam setiap lagunya? Jawabannya hanya satu yaitu:


Iya Padi. Band yang berdiri pada 8 April 1997  ini sama sekali belum mengalami pergantian personil sampai sekarang. Yah walau mereka sedang vakum saat ini entah sampai kapan. Bahkan kabar mereka mengalami perpecahan internal juga santer terdengar, tapi Fadly selaku vokalis dari Padi menolak mentah-mentah kabar tesebut. Sedikit mengenai Padi, Padi digawangi 5 personil yang terdiri dari Ari (gitar), Fadly (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar). Sebelum sukses seperti sekarang, pada awalnya mereka harus berjuang lebih dahulu untuk mendapatkan kesuksesan. Bahkan pernah mereka tidur di jalanan, makan nasi yang udah basi, dan masih banyak lagi penderitaan yang harus mereka alami.

"pemain band itu harus hidup penuh penderitaan dulu sebelum terkenal. Hidup menderita itu bisa melatih kita untuk punya jiwa survive dan akhirnya bisa eksis di dunia kita sendiri." begitulah kata Piyu dalam suatu kesempatan.

Namun pada akhirnya keberuntungan bersedia menghampiri mereka. Setelah mereka tampil di sebuah even di Surabaya, Padi ditawarkan untuk rekaman album kompilasi. Dan Pihak Sony pun melihat bakat yang dimiliki Padi. Lagu Sobat pun masuk dalam album kompilasi Indie Ten. Dan akhrinya, lagu Sobat pun mengantarkan Padi ke permukaan ketenaran. Sony mengontrak Padi untuk 4 album. Padi pun merilis album LAIN DUNIA pada tahun 1999. Dalam album Lain Dunia juga memperkenalkan lagu-lagu Padi yang terkenal sampai sekarang seperti Begitu Indah, Seperti Kekasihku, dan tentu saja Mahadewi. Tak heran album debut mereka ini mampu menjual 800 ribu copy, sebuah angka yang gak main-main.





Dan tibalah pada tahun 2001 dimana Padi merilis album 'Sesuatu yang Tertunda. Album fenomenal ini mampu menjual 1,6 juta copy! Tidak hanya itu, album ini mengantarkan Padi untuk mendapatkan 10 kali platinum pada tahun selanjutnya. 'Sesuatu yang Tertunda' memiliki lagu-lagu yang sangat digemari pada saat itu seperti Semua tak Sama, Sesuatu yang Indah dan lagu everlasting nya Padi yaitu Kasih Tak Sampai.


Pada tahun 2003, Padi merilis album ketiga yang berjudul Save My Soul. Pada album ini, Padi mampu menggaet musisi favorit mereka yaitu Iwan Fals untuk berduet sama mereka dalam lagu Sesuatu Yang Tertunda. Dalam album ini, mereka sepertinya ingin menunjukkan 'ini loh musik kami yang sebenarnya'.. Iya, dalam album ini, mereka ingin mengekspresikan style musik yang mereka inginkan, tanpa memikirkan penjualan album ini. Yah walaupun memang album ini tidak booming sepetrti album yang lain, tapi tetap saja album ini mampu menjual lebih 500,000 copy.



Dua tahun berselang, Padi kembali meluncurkan album dengan nama band mereka sendiri yang dipilih sebagai nama album tersebut. Dengan album ini juga lah, mereka mengenalkan simbol Padi yang baru. Album self titled Padi ini pun memperkenalkan kita pada salah satu lagu Padi yang palin populer hingga saat ini, yaitu Menanti Sebuah Jawaban. Lagu-lagu mereka pun sempat menjadi soundtrack dalam film, seperti Ungu Violet (Menanti Sebuah Jawaban) dan Nagabonar Jadi Dua (Tidak Hanya Diam).



Setelah 2 tahun vakum, Padi kemudian merilis album keempat mereka dengan title TAK HANYA DIAM






Album ini terkenal dengan hits single nya Sang Penghibur. Padi mengambil lokasi syuting video klip untuk lagu ini di suatu kota di Amerika Serikat. Dan pastinya album ini juga memperkenalkan lagu fenomenal milik Padi yaitu Harmoni.. Padi juga menunjukkan kepedulian mereka akan korban Lapindo dengan menciptakan lagu berjudul Terluka.

Padi sangat spesial bagi gw. Mungkin bila gw gak kenal Padi, gw gak akan kenal band Led Zeppelin, AC/DC, dan band-band legendaris lainnya. Secara tidak langsung Padi memperkenalkan kepada gw bagaimana lagu yang berkualitas.

Nah gw akan ngeshare 10 lagu yang berkesan dan berhasil menjadi favorit gw tersendiri dari Padi, here we go.. !


10. Beri Aku Arti

Lagu-lagu Padi itu memiliki lirik yang bermakna dan sulit untuk dipahami. Dan lagu inilah salah satu contohnya. Butuh waktu buat gw untuk mengartikan dari lagu ini, dan hipotesa gw sementara ini adalah lagu ini menceritakan penderitaan seseorang yang udah tergantung banget sama yang namanya drugs. Hipotesa gw itu gw dapatkan dari lirik berikut:
'' Beragam warna, terbayang sekilas,menyingkirkan luka, tanpa diminta"

Tapi itu cuma hipotesa sementara aja, kali aja ada sobat-sobat Padi yang mampir kesini untuk ngeshare apa sebenarnya maksud dari lagu ini :)

Favorit Lirik;
 Kau palingkan wajah acuhkan muka
 Menyamakan arti bukan suara hati
 Ingin berbicara hasrat pengungkapan 
Masih pantaskah aku disampingmu...

09. Seperti Kekasihku

Gw saranin kalo lo belum move on dari mantan kalian, jangan dengerin lagu ini,haha. Lagu ini menceritakan seseorang yang berjumpa atau lagi deket dan orang tersebut mengingatkan nya pada mantan kekasihnya yang masih dicintai, sehingga dia merasakan ada gelora cinta terhadap orang tersebut. Bukan karena orang tersebut dirasanya yang terbaik, namun karena hanya orang tersebut mengingatkannya pada mantannya. Gw suka riff gitar yang berkesan jazz setelah bagian reff, dan tentunya lagu ini cukup berkesan buat gw karena,yaah, memberikan kenangan tersendiri buat gw,haha

Favorit lirik;
 Apa yang terpancar dari dalam hati 
 Tak dapat aku bantah tak mampu kusingkirkan
 Sesungguhnya aku sangat ingin melupakan
 Inginku melupakan .... inginku melupakan .... 

08. Menanti Sebuah Jawaban

Lagu ini booming banget waktu dirilis. Lagu yang juga menghiasi soundtrack dari film Ungu Violet ini mampu memuncaki MTV Ampuh selama 3 bulanan!! Sebuah pencapaian yang sangat sulit diraih kala itu, sampe-sampe gw bosen waktu itu karena lagu ini di posisi 1 muluk.. Tapi gw belum terlalu menggemari Padi waktu itu, dan ketika mulai mengidolakan Padi, gw pun mengerti kenapa lagu ini gak ada tandingannya kala itu.

Favorit Lirik;

Sepenuhnya aku ingin memelukmu

Mendekap penuh harapan untuk mencintaimu
Setulusnya aku akan terus menunggu
Menanti sebuah jawaban tuk memilikmu

07. Sang Penghibur

Lagu yang sangat menginspirasi gw, sangat menginspirasi.. Mengajarkan gw kalo arti dari sang pengibur itu begitu mulia, tanpa perlu imbalan menghibur, tanpa perlu diingat membuat senyum untuk di sekitar, tanpa pernah lelah memberikan arti dan kenangan untuk yang berarti, selalu merinding mendengar lagu ini.

Favorit Lirik;
Bukankah hidup ada perhentian
Tak harus kencang terus berlari
Kuhelakan nafas panjang
Tuk siap berlari kembali

 06. Kasih Tak Sampai

Yap, inilah lagu yang bagi banyak penikmat musik sebagai everlasting songnya Padi. Walau gw gak sependapat, tapi memang bener, karena lagu ini lah yang membuat Padi sangat terkenal. Lagu yang wajib didengar bagi orang yang sedang dilanda kekecewaan besar dalam urusan cinta.

Favorit Lirik;
Namun bila itu semua
Dapat terwujud dalam satu ikatan cinta
Tak semudah seperti yang pernah terbayang
Menyatukan perasaan kita

05. Lain Dunia

Setiap lagu Padi yang gw dengar, hanya ada 5 lagu yang berhasil bikin gw merinding ketika pertama kali gw mendengarnya. Dan salah satunya lagu ini, padahal gw waktu itu gak terlalu mengerti akan makna dari lagu ini, tapi ketika merasa merinding, gw pun candu akan lagu ini dan mulai nyari-nyari tentang makna lagu ini, dan setelah baca pendapat-pendapat dari Sobat Padi, gw pun muncul dengan hipotesa gw tersendiri. Lagu ini menceritakan seseorang yang ingin menjalin hubungan terhadap gebetannya namun ia sadar ada perbedaan yang mencolok di antara mereka berdua..Yah itu cuma pendapat gw, mungkin sobat ada pendapat yang berbeda?:)

Favorit Lirik;

Bentangan jarak melintas khayal

Menggairahkan arti hidupku
Walau hatiku hatimu tak akan bertemu


04. Harmony

Piyu menjadi vokalis!!! Tapi tenang, bukan berarti posisi Fadly terganti oleh Piyu, tapi Piyu hanya menyumbangkan suara nya dalam lagu ini. Sesuai judulnya, lagu ini menawarkan harmoni baik dari lirik maupun musiknya. Lagu yang menyuarakan bahwa setiap manusia itu bisa saling mengisi bila menyadari kekurangan masing-masing. Tembang yang begitu menyejukkan relung bila didengar dengan seksama..


Favorit lirik:


Kau membuatku mengerti hidup ini

Kita terlahir bagai selembar kertas putih
Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai
Dan terwujud harmony

03. Semua Tak Sama

Lagu dari album Sesuatu yang Tertunda yang pertama kali gw denger. Lagu ini menceritakan seseorang yang lagi gagal move-on dan mencoba untuk bangkit serta melanjutkan kehidupan tanpa 'the one' nya.. Lagu ini menjadi favorit bagi para kalangan remaja kala itu, dan kakak gw sendiripun menjadi Sobat Padi gara-gara lagu ini.
Favorit lirik:
Apalah arti hidupku ini
Memapahku dalam ketiadaan
Segalanya luruh nikmat tak bertumpu
Hanya bersandar pada dirimu

02. Begitu Indah 

Nah kalo lagu ini perlu kalian dengar untuk kalian yang lagi dilanda cinta. Gak perlu bingung mau nyanyiin lagu apa untuk nembak doi, nyanyiin aja lagu ini :D
Sesuai judulnya, kita pun dibawa kedunia yang penuh dengan indahnya cinta gara-gara lagu ini. Intro lagu ini juga sama memorable nya seperti Sesuatu yang Indah dengan riff gitar yang sangat memiliki ciri khas.

Favorit Lirik:
Terang saja, aku menantinya
Terang saja, aku mendambanya
Terang saja, aku merindunya
Karena dia, karena dia, begitu indah


 AND HERE IS THE WINNER!!

"MAHADEWI"

Gw kebingungan untuk mendeskripsikan betapa dahsyatnya lagu ini. Lagu ini bisa gw dengerin ketika gw lagi sedih, maupun lagi dalam indahnya cinta. Lagu ini begitu berkesan karena lagu inilah yang membuat gw mengidolakan Padi. Lagu yang menempati posisi 80an di list 150 lagu terbaik Indonesia sepanjang masa versi Rolling Stone mgz. ini memiliki lirik yang sangat indah, ditambah dengan paduan harmonisasi gitar yang didalangi Ari dan Piyu, dan dilengkapi dengan dahsyatnya vokal nya Fadly, menjadikan lagu ini menjadi lagu terbaik dari Padi menurut gw..

Favorit Lirik:
Hamparan langit maha sempurna 
Bertahta bintang-bintang di angkasa
Namun satu bintang yang bersinar 
Teruntai turun menyapa aku

Yak, itulah 10 lagu dari Padi yang berkesan untuk gw. Bagaimana dengan sobat?:)



Categories: , ,

10 comments:

  1. udah 12 tahun nih sejak pertama denger lagunya padi, langsung suka, pas dengerin begitu indah

    lagu harmony yang piyu nyanyi ntah kenapa ga suka, sampe sekarang mungkin cuma ini lagu yang ga begitu saya suka dari padi.... ntah lah

    btw, nice reveiw mas

    ReplyDelete
  2. kalo saya merinding kalo dnger lirik lagu tempat terakhir "padi". . .
    kau bagaikan angin di bawah sayap q
    sendiri q tk bisa seimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam.
      yang dimaksudnya itu siapa ya..?
      :)

      Delete
  3. coba tafsirkan ulang lagu padi seperti kekasihku, dan sedikit clue, lagu seandainya bisa memilih adalah kelanjutan dari lagu seperti kekasihku.

    ReplyDelete
  4. terima kasih semua atas kunjungannya

    @redlineholic well, mungkin di postingan ini saya gak menjelaskan kalo hasil postingan ini murni adalah pendapat serta interpretasi saya terhadap lagu bersangkutan dan tentu saja interpretasi kita akan berbeda. heheh
    tapi makasih loh clue nya, saya baru tahu kalo lagu seperti kekasihku dan seandainya bisa memilih saling berhubungan :D

    ReplyDelete
  5. threat original yang bagus,dan bisa makin tau makna lagu apdi dari perspektif yang berbeda,keren gan.. sukes selalu,,padi menurut gw emang terbaik kalo msalah lirik.sayang sekarang retak jadi band musikkimia tanpa piyu.

    ReplyDelete
  6. hitam, ketakjuban.. denger lagu itu serasa dengerin dream theater

    ReplyDelete
  7. Min, ralat. Seharusnya setelah album "Save My Soul" itu album Self titlednya Padi judulnya "Padi" baru setelahnya album Tak Hanya Diam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, makasih koreksinya. nanti saya edit

      Delete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!