Monday, 26 May 2014




You need people like me. You need people like me so you can point your fuckin' fingers and say, "That's the bad guy."- Tony Montana


Plot

Bulan Mei 1980 negara Cuba dibawah pemerintahan Fidel Castro membuat kebijakan dengan membuka bebas pelabuhan Mariel dengan tujuan mengirim 125,000 pengungsi Cuba untuk menyatukan kembali dengan keluarga mereka di Amerika Serikat.Dampaknya, Negara Amerika Serikat sebagai Negara impian bagi kaum imigran semakin terbuka. Dari sekian banyak imigran tersebut, salah satu nya adalah Antonio Montana atau lebih akrab disapa Toni Montana (Al Pacino). Bersama sahabatnya, Manny Ribera (Steven Bauer), Toni mencoba untuk sukses di Amerika Serikat dan meraih mimpinya untuk menjadi sosok yang disegani dan memiliki segalanya. Karir Toni melesat cepat, setelah berhasil membunuh Emilio Rabenga yang notabenenya adalah mantan dari bawahan Fidel Castro, Toni mendapatkan tawaran yang membawanya ke hadapan Frank Lopez (Robert Loggia), bandar narkoba yang telah memiliki nama. Sikap Toni yang loyal serta memiliki nyali yang besar membuat Frank mempekerjakannya. Dari sinilah mimpi Toni untuk menjadi orang yang sukses di Amerika mendekati kenyataan.






Review

Akhirnya gw berhasil menonton film yang merupakan remake dari Scarface-nya Howard Hawk yang dirilis pada tahun 1932 ini. Gw sendiri memang udah lama ingin menonton film yang ditulis Oliver Stone ini, ada 2 faktor yang mendasarinya, pertama faktor gw senang ama film mafia, kedua tentu saja faktor dari aktor utamanya yaitu Al Pacino, salah satu aktor favorit gw sepanjang masa, salah satu aktor yang mampu memerankan karakter anti hero terbaik, bersanding dengan Robert De Niro. 

Scarface menceritakan bagaimana cara seorang Toni Montana yang dibantu oleh Manny Ribera yang mencoba meraih mimpi betul-betul dari bawah. Dari seorang yang hanya mencuci piring di kedai kecil, hingga mampu menjadi orang yang paling disegani di kotanya. Gambaran seseorang yang memiliki ambisi tinggi sehingga tidak cepat puas dengan apa yang telah ada di depan matanya. Gambaran tersebut ada di karakter Toni Montana. Ambisius, keras kepala, hanya mendengarkan 'nyali' nya, namun ada satu hal yang membuat gw salut dengan karakter Toni di antara sifat-sifat jeleknya. Yaitu mampu memegang omongan serta prinsipnya. Susah loh menjadi karakter seseorang yang seperti itu. Walau pun nyawanya terancam, Toni tetap berpegang teguh akan prinsipnya tersebut.

Kisah dari film yang diisi dengan kata F words sebanyak 226 kali ini memang telah banyak untuk film yang bergenre mafia, namun yang menarik dari film ini adalah konflik-konflik yang dialami Toni. Kita dari awal pasti telah mengira bahwa Toni akan sukses nantinya, tapi tentu disitulah pertanyaan muncul, apakah kebahagiaan akan tetap ada walaupun kita telah mendapatkan apa yang kita inginkan? Nah lewat film ini Brian DePalma mencoba memberikan gambaran, bagaimana rintangan-rintangan kita untuk mempertahankan kesuksesan, dan menurut gw Brian DePalma mampu menguraikannya dengan jujur, tanpa mengada-ada. Kita juga menyadari memang beginilah kesulitan yang akan dialami orang yang baru mengalami kesuksesan. Ditambah dengan karakter Toni Montana yang susah untuk diajak kompromi dan hanya mendengarkan dia sendiri.

Namun tentu saja bagi gw kekuatan utama dari film yang memiliki durasi 170 menit ini ada pada sosok Al Pacino. Ya, memang film ini adalah film nya. Mungkin cerita Scarface udah menarik serta kuat, tetapi tetap saja akan tetap terasa bosan apabila kita tidak disuguhkan dengan akting yang cemerlang dari artis utamanya. Dan hey, kita sedang membicarakan Al Pacino disini, sudah barang pasti dia mampu menunaikan tugasnya dengan cemerlang. Ditambah memang karakter Toni Montana ini tidak jauh beda dengan sosok Michael Corleone, hanya beda dari faktor emosi nya saja. Dan sekadar informasi, agar mampu memiliki logat Spanyol, Al Pacino belajar dengan salah satu kru dari film ini yaitu John A. Alonzo. Membuktikan bahwa aktor yang satu ini memang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya.

Bila Anda pecinta film yang berkenaan mengenai Mafia, sudah barang pasti Scarface adalah tontonan yang wajib bagi Anda. Dengan cerita yang menarik serta penampilan ikonik dan gila dari Al Pacino, Scarface adalah salah satu film mafia terbaik sepanjang sejarah. Anda tidak setuju, well, SAY HELLO TO MY LITTLE FRIEND!!


8,5/10


0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!