Tuesday 22 January 2019

"God bless white America"- Ron Stallworth

Plot

Sebagai polisi berkulit hitam di Colorado Police Department, Ron Stallworth (John David Washington) seolah ingin membuktikan dirinya sebagai polisi. Bosan ditugaskan di bagian kearsipan, Ron meminta kepada Chief Bridges (Robert John Burke) untuk ditempatkan dibagian intel. Bridges pun mengabulkan keinginan Ron dan memberikan kepada Ron sebuah tugas memata-matai pergerakan civil rights yang diketuai Kwame Ture (Corey Hawkins). Di tugas pertamanya itu pula ia bertemu dengan presiden Black Student Union, Patrice Dumas (Laura Harrier). Tidak cukup dengan itu, Ron memutuskan juga untuk mencoba masuk ke dalam organisasi Ku Klux Klan. Dibantu koleganya, Flip Zimmerman (Adam Driver) dan Jimmy Creek (Michael Buscemi), Ron mencoba menghentikan perseteruan antar kedua organisasi tersebut yang tinggal menunggu waktu saja untuk terjadi.




 Review

Polisi berkulit hitam yang mencoba memata-matai suatu organisasi yang notabenenya telah terkenal akan kebencian mereka terhadap warga berkulit hitam. Terdengar aneh, tidak masuk akal dan menarik? Yap, itulah fokus utama penceritaan Blackkklansman. Namun sesuai dengan tagline di awal nya, Dis joint is based upon some fo' real, fo' real shit. Spike Lee sengaja meyakinkan penontonnya dengan dua kali penekanan "fo' real, fo' real shit" karena saya yakin Lee pun menyadari bila kisah Ron Stallworth ini sulit untuk dipercaya, namun bukankah memang terkadang kisah di dunia nyata bisa seaneh dengan cerita di dunia fiksi?

Blackkklansman dibuka dengan pidato dari Dr. Kennebrew Beauregard (Alec Baldwin) dan dari pidato tersebut Lee ingin menggambarkan bagaimana film nya ini akan berjalan. Sebuah sajian yang mengangkat isu serius dan menyeramkan namun diselipi dengan kejenakaan yang bisa saja membuat penonton terpingkal, sama seperti pidato yang dibawakan Dr. Kennebrew. Keputusan Lee yang menyajikan film ini dengan selipan humor membuat Blackkklansman menjadi totnonan yang lebih ringan dan mudah untuk diikuti terlepas dari suguhan konflik perseteruan politik yang tengah terjadi. Humor nya efektif dan tidak mendistraksi penonton dari fokus utama penceritaan, seperti contoh nya ketika Ron mengajari Flip supaya bisa berbicara seperti dirinya untuk bisa meyakinkan anggota KKK bila Flip adalah Ron Stallworth sebenarnya. Dan misi mata-mata inilah yang merupakan faktor terkuat Blackkklansman.

Tensi ketegangan tidak pernah terasa turun kala karakter Adam Driver melakukan tugasnya, terutama setiap ia berkonfrontasi dengan Felix yang diperankan begitu intimidatif oleh Jasper Pääkkönen dengan kecurigaannya pada Flip. Dan jujur saja dengan penceritaan ini, karakter Flip terasa lebih menarik dibandingkan Ron sendiri. Awalnya Flip merupakan pemuda yahudi yang malah tidak terlalu memiliki keterikatan batin dengan identitasnya itu, tetapi seiring dengan berjalan waktu dalam menjalankan tugasnya dan mengetahui kebencian yang begitu mendalam dari tiap anggota KKK, muncul rasa yang aneh di dalam diri Flip dan lamban laun ia tidak bisa membohongi jika ia tetaplah memiliki darah Yahudi di dalamnya. Adam Driver kembali mengeluarkan akting primanya dan saya rasa ia layak dinominasikan sebagai aktor pendukung pria terbaik di gelaran Oscar nanti. John David Washington juga sebenarnya tidak bermain mengecewakan, namun harus saya akui, karakternya yang tidak diberikan pendalaman membuat dirinya sedikit tenggelam dibandingkan Driver ataupun Pääkkönen. 

Blackkklansman memiliki sedikit kelemahan pada elemen pacing dan juga durasinya yang cukup panjang. Ada beberapa adegan yang saya rasa bisa dipotong durasinya, salah satu contoh nya adalah adegan dimana dua pertemuan di tempat berbeda dari kelompok pergerakan revolusi kulit hitam dan KKK yang saya rasa cukup terasa dragging nya. Hubungan antara Ron-Patrice juga tidak terlalu engaging sehingga saya tidak terlalu memperdulikan hubungan spesial yang terjadi diantara mereka. 



7,75/10

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!