“My dear, the Law doesn’t understand such things, it says either you knew or you didn’t.”- Nader
Plot
Menceritakan suatu pasangan yaitu Nader
(Peyman Moaadi) dan Simin (Leila Hatami) yang memutuskan untuk bercerai setelah
14 tahun menikah. Alasan perceraian mereka adalah karena Nader menolak ajakan
Simin untuk meninggalkan negara Iran dan hidup di luar negeri. Simin menilai
negara Iran tidak baik dan sudah tidak kondusif untuk perkembangan anak mereka
yaitu Termeh (Sarina Farhadi) yang berumur 11 tahun. Di sisi lain, penolakan
Nader berlandaskan pada kondisi Ayahnya yang menderita penyakit Alzheimer.
Sebagai anak yang taat kepada orang tua, Nader tidak bisa meninggalkan ayahnya
seorang diri. Dan siapa yang menyangka bahwa konflik di antara mereka ini bisa
memunculkan suatu konflik yang begitu sulit untuk diselesaikan di kemudian
hari.
Review
Fyi, A Separation adalah penerima piala Oscar
untuk kategori Film Asing Terbaik. A Separation juga mendapatkan berbagai macam
pujian dari para kritikus, bahkan di situs Rotten Tomatoes dan Metascore, yang
terkenal akan kritisnya para kritikus dan pelit memberikan penilaian (terutama
Metascore), A Separation mendapatkan penilaian yang hampir sempurna (99% di
Rotten Tomatoes dan 95 di Metascore). Bukti untuk menganggap A Separation
adalah salah satu film terbaik yang pernah di buat telah lebih dari cukup, lalu
apa yang menahan gw untuk tidak menonton film ini hingga tahun 2014? Sederhana,
faktor bahasa. Jujur, ini adalah film Iran yang pertama kali gw tonton. Dan
cukup sulit untuk membangun mood menonton untuk film asing selain film
berbahasa Inggris dan Jepang, namun berkat dorongan teman gw untuk segera
menonton film ini supaya gw gak nyesel (cukup aneh karena temen gw dapat film
ini dari gw), akhirnya pun film ini pun gw jamah di Harddisc gw. Hasilnya? LUAR
BIASA, LUAR BIASA, LUAR BIASA.
Gw gak menyangka apabila film yang berjudul
asli Jodaeiye Nader az Simin ini bisa
begitu powerfull serta sebagus ini, bahkan bagi gw nilai yang diberi Metascore
(yang notabenenya udah hampir sempurna) masih kurang. Film ini layak untuk
mendapatkan nilai lebih dari 95. A Separation adalah salah satu bukti bahwa
untuk membuat film yang luar biasa gak perlu grafis visual tingkat tinggi,
pemandangan indah, special effect, atau berbagai macam teknis film lainnya.
Satu-satunya faktor yang sangat dibutuhkan sebuah film untuk memberikan impact
yang gak terlupakan tidak lain adalah cerita. Sang sutradara, Asghar Farhadi,
hanya mengandalkan naskah yang kuat serta dibantu oleh dukungan artis-artis nya
yang juga bekerja dengan sangat baik sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk
A Separation mengikat kita semua karena di adegan pembuka saja Asghar Farhadi
telah memberikan kita sebuah santapan perdebatan yang begitu intens di dalam
ruang pengadilan (salah satu adegan favorit gw). Perhatikan juga berbagai
pertukaran dialog antar karakter yang begitu cerdasnya sehingga menciptakan
pertentangan antar karakter sangat hidup dan sangat menarik pula untuk diikuti.Konflik
yang diangkat oleh Asghar Farhadi sendiri memang begitu dekat dan nyata untuk
masyarakat. Bagaimana dari sebuah konflik perceraian bisa berimbas luas ke
berbagai pihak. Tidak hanya merusak kehidupan Nader dan Simin, tetapi juga
kehidupan Razier (Sareh Bayat) dan Hojjat (Shahab Hosseini). Oh, jangan lupakan
juga bahwa konflik ini mengganggu keadaan psikis anak mereka masing-masing.
See, sangat dekat sekali bukan dengan masyarakat pada umumnya? Dan hebatnya
Asghar Farhadi berhasil membingkai jalinan cerita yang pada dasarnya sederhana
menjadi sangat complicated dan begitu nikmatnya untuk dinikmati bagi penonton
(Baiklah, maafkan kami yang menikmati konflik suatu perceraian). Banyak sekali
hal yang disinggung oleh sang sutradara yang kabarnya pernah dicekal oleh Iran
ini dalam film yang berdusari 2 jam ini. Seperti agama, keberadaan hukum,
kebaktian sang anak kepada sang orang tua, kebohongan demi kepentingan pihak
pribadi, dan masih banyak lagi, (bahkan menurut gw, sang sutradara juga menyinggung mengenai kondisi Iran kala itu) semua terangkum dengan tensi yang terjaga
stabil hingga akhir film. Asghar Farhadi menyajikan semua konflik yang ada
dengan jujur tanpa adanya kesan dipaksakan. Lihatlah keributan yang terjadi di
dalamnya, lihat juga begitu taatnya Razier terhadap agamanya, semuanya di
tampilkan sangat jujur seolah-olah sang penulis naskah sedang menceritakan
pengalamannya.
Lalu bagaimana dengan karakter-karakter nya?
Sekali lagi Asghar Farhadi memperlihatkan sebuah karakter yang manusiawi. Ya,
tidak ada karakter “Putih” dalam film ini. Semuanya dalam ruang lingkup
“Abu-abu”. Mari kita selami satu per satu, Nader adalah pria keras kepala
(lihat adegan tanya jawab dengan sang anak dan scene di Pom bensin), ego atau
harga diri yang begitu besar, sangat kukuh dengan pendiriannya sehingga jangan
heran apabila ada penonton yang gregetan melihat karakter Nader. Sedangkan
calon mantan istrinya Simin adalah tipikal wanita modern yang tidak ingin
terlalu dikekang oleh nilai agama maupun sang suami (bisa dilihat dari cara
berpakaiannya), jadi tidak heran apabila keinginannya untuk pindah dari Iran begitu kuat. Lalu ada Razier yang memiliki ketaatan terhadap agama yang
sedang mengalami masalah perekonomian dikarenakan sang suami menganggur sehingga
memaksakan dirinya untuk bekerja yang sebenarnya bertentangan dengan keyakinannya.
Dengan latar belakang karakter-karakter seperti itu lah yang membuat kita,
penonton, kesulitan untuk menyangkal setiap keputusan yang diambil oleh mereka.
Bahkan mungkin sebagian besar dari penonton akan mendukung setiap keputusan
yang telah diambil, bahkan dalam keputusan untuk berbohong sekalipun. Disinilah
kita kembali diajak oleh Asghar Farhadi apa dampak dari sebuah kebohongan. Gw
sangat menyukai ketika Asghar Farhadi memperlihatkan kepada kita bahwa satu
kebohongan mampu menimbulkan dampak psikologis yang luar biasa bagi yang belum
‘berpengalaman’.
Dengan bermodalkan naskah yang kuat, berbagai
karakter yang begitu menarik, serta dukungan para artis yang bermain gemilang,
A Separation adalah sebuah drama yang begitu powerfull dan mampu mengajak
penontonnya merenung seusai menonton film ini. Tanpa dukungan sinematografi
yang “W-O-W”, musik latar di setiap adegannya, A Separation layak disandangi
gelar Salah Satu Film Terbaik di tahun 2011, hell, one of the best movie i’ve ever seen.
0 komentar:
Post a Comment