Wednesday 9 October 2013


This city deserves a better class of criminal. And I'm gonna give it to them!-The Joker
Plot
Setelah kemunculan Batman,Gotham pun dalam kondisi yang bisa dibilang damai.Para pelanggar kriminal yang masih "hijau" pun seolah ketakutan dengan hanya melihat logo Batman yang mengudara di langit Gotham.Terhitung hanya mafia-mafia kelas kakap saja yang masih berani beraksi,itupun sangat berpotensi aksi kriminal mereka dapat tercium oleh Batman.Dengan dibantu satu-satunya penindak hukum yang dipercaya oleh Batman,James Gordon (Gary Oldman) dan selanjutnya Harvey Dent (Aaron Eckhart) selaku District Attorney Gotham,Batman pun mampu melindungi Gotham dari marabahaya..Namun mereka belum mengetahui bahwa ada satu kriminal yang akan segera menyulitkan mereka..








Review :

Gw akuin,gw nonton film yang dirilis pada tahun 2008 ini pertama kali ketika ditayangin pertama kali di salah satu televisi swasta kita.Pada tahun 2008 gw udah denger akan berita tentang betapa fenomenalnya The Dark Knight ini,terutama soal pemeran Jokernya yang diperankan oleh Heath Ledger tewas beberapa saat setelah dirilisnya film ini.Gw pun penasaran,emang gimana sih film ini sampe banyak yang bilang kalo film ini adalah film superhero terbaik sepanjang masa?Atau bahkan ada yang bilang TDK merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat...!Gila gak tuh?

Dan akhirnya gw pun nonton film ini,dan kesan pertama gw,film ini biasaaaaaaaaaaaa banget!Orang-orang kayaknya terlalu berlebihan menilai film ini.Performa Joker?Ah,masih keren akting Will Smith waktu meranin Mike Lawrey dalam film Bad Boys..Eits,tunggu,itu waktu tahun 2010 bos,penilaian gw akan sebuah film belum kayak sekarang.Pada saat itu gw masih seneng ama film yang gila akan efek ledakan atau banyaknya aksi..

Nah,gw berjumpa lagi sama The Dark Knight pada tahun 2012.Ketika itu,sekuel ketiga Batman yaitu The Dark Knight Rises diliris,dan muncul lagi akan berita-berita heboh tentang TDKR,termasuk insiden penembakan di Colorado ketika TDKR dirilis premiere disana.Dan tentunya,pujian-pujian TDKR juga banyak banget.Gw pun tertarik untuk nonton TDK dan Batman Begins dengan cara ngedonlod di internet.

Dan disitulah gw mulai memuja film ini,film ini layak banget dapet rating 9/10 di situ Imdb.com!Tentunya film ini gak sempurna,tapi nyaris sempurna!Gw mencintai setiap detik dalam film ini..Scene Joker dkk. merampok bank?Adegan penangkapan yang dilakukan Batman di Hongkong?Car chase nya?Adegan interogasi Batman terhadap Joker?atau masih banyak lagi?Gw suka semua!!!Gw mungkin akan bingung menjawab kalo ditanya adegan yg mana yang paling gw suka dalam film ini..

Film dibuka dengan sekelompok perampok yang akan merampok bank (ya iyalah,namanya jg perampok :D).Perampokan ini direncanakan oleh Joker,dan para pria yang make badut itu merupakan bawahan Joker.Mereka tanpa sadar bahwa Joker juga ikut beraksi di dekat mereka.Ini menurut gw merupakan salah satu intro film terbaik yang pernah ada.Adegan ini memperkenalkan kita akan The Joker,sang villain utama dalam film ini..

Christopher Nolan sebenarnya udah sukses mengangkat kembali derajat dan harga diri Batman lewat film 'Batman Begins',namun,Om Nolan mengangkatnya kembali lewat film ini..Film ini membuat kebanyakan pecinta film segera merubah mindset mereka bahwa film superhero bisa dibikin dewasa dan diisi dengan adegan-adegan kelas tinggi..Sungguh,Om Nolan telah membuat The Dark Knight menjadi bahan perbandingan akan film-film superhero yang dirilis setelahnya,termasuk The Dark Knight Rises.

Film yang mampu mendapatkan box office sekitar 1 milyar dollar Amerika lebih ini juga menjadi inspirasi-inspirasi para sutradara yang lainnya untuk mengikuti formula-formula yang ada di The Dark Knight.Lihat apa yang dilakukan Sam Mendes terhadap film James Bond terbaru yaitu Skyfall..

Gw bukan mengesampingkan penampilan Christian Bale sebagai Bruce Wayne/Batman,tapi sulit rasanya untuk tidak memberikan kredit lebih untuk Heath Ledger (alm.) dengan Jokernya.Ledger membuat Joker kelihatan menakutkan,sadis,psikopat namun cerdas.Joker mampu membuat Batman mengeluarkan segala kemampuannya untuk mengatasi Joker.Namun hebatnya,walau berperan sebagai villain yang biasanya tidak disukai para penonton,Joker-nya Ledger mampu disukai bahkan dicintai.Itu semua tidak terlepas akan penampilan yang istimewa dari Ledger.Gw juga termasuk cinta akan Joker disini :P..

Akhir kata,The Dark Kight adalah film yang sangat sayang Anda lewatkan..Film ini harus Anda tonton sebelum Anda mati..Dan silahkan menjadi saksi hidup akan luar biasanya performa terkahir Heath Ledger...Rest in peace,Mr.Ledger


9,5/10


0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!