Saturday, 27 May 2017



Tepat pada tanggal 26 Mei 1997 (dua hari lalu), Radiohead merilis album ketiga mereka yaitu OK Computer, dimana album tersebut digadang sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa di dunia industri musik dan membawa nama Radiohead ke puncak straposfer. Untuk memperingati ulang tahun yang ke 20 album tersebut, saya akan berbagi kepada kalian 10 lagu favorit saya dari salah satu band favorit saya sepanjang masa ini. 



Sedikit mengenai Radiohead, Radiohead berasal dari Abingdon, Oxfordshire yang dibentuk pada tahun 1985 yang memiliki personil Thom Yorke (Vocalist), Johnny Greenwood dan Ed O'brien di posisi gitarist dan instrumen lainnya, Collin Greenwood (Bassist) dan Phil Selway (Drummer). Selang 7 tahun kemudian, Radiohead meluncurkan single pertama mereka yang juga berkontribusi sangat besar dalam memperkenalkan Radiohead ke seluruh penjuru dunia, yaitu Creep. Lagu Creep sangat populer, bahkan lirik "I'm a Creep, I'm a Weirdo" menjadi suatu quote yang terkenal pada saat itu. 1 tahun setelah meluncurkan Creep, barulah Radiohead meluncurkan album pertama mereka yang mereka beri nama Pablo Honey yang memperkenalkan beberapa single yang walau tidak mampu menyaingi kepopuleran Creep, tetapi cukup membuktikan bila Radiohead bukanlah band one hit wonder. Single tersebut yaitu Anyone Can Play Guitar dan Stop Whispering. Walau telah menunjukkan kematangan mereka dalam bermusik, tetap saja bayang-bayang Creep masih mengganggu para personil, sehingga butuh 2 tahun untuk Radiohead menelurkan album lagi yaitu The Bends. Menurut saya, pada The Bends lah merupakan titik turning point awal bagi band Radiohead. Semua itu berkat track-track yang menunjukkan ciri khas Radiohead seperti lirik yang maknanya abstrak dan sentuhan musik yang beraroma depresif. Track-track seperti Fake Plastic Trees, High and Dry, dan terutama Street Spirit (Fade Out), makin mengukuhkan nama Radiohead sebagai the next big thing dalam musik Rock. Hingga pada tahun 1997 yang menjadi tahun bersejarah bagi Radiohead saat mereka meluncurkan album Ok Computer yang membawa Radiohead ke level ketenaran universal. Dengan lagu-lagu seperti Paranoid Android, No Surprises, Lucky dan Airbag, Radiohead mendapatkan berbagai penghargaan dan dicap sebagai salah satu band Rock terbaik pada saat itu.


Keberhasilan global akan Ok Computer tidak lantas menghentikan Radiohead dalam berkarya. Bahkan, mereka mengambil keputusan yang cenderung berani saat merilis album Kid A pada tahun 2000. Dalam Kid A, Radiohead mengganti seluruh DNA musik yang ada di OK Computer dengan musik elektro seperti drum machines, brass instruments, dan synthesisers. Perubahan radikal ini kontan saja mengejutkan para penggemar maupun kritikus yang mengharapkan musik rock biasanya dari Radiohead. Walau memang ada yang tidak puas dengan keputusan Radiohead ini, Kid A tetap mendapatkan tanggapan yang positif dan juga mendapatkan penghasilan yang memuaskan dimana Kid A berhasil menjual jutaan kopi di seluruh dunia (majalah Time bahkan menyebut Kid A adalah album teraneh yang menjual jutaan kopi). Setelah Kid A, tercatat Radiohead merilis 4 album, yaitu Hail to the Thief, In Rainbows, The King of Limbs, dan A Moon Shaped Pool.


Saya pribadi awalnya tidak terlalu menaruh perhatian lebih terhadap Radiohead. Bahkan saya saja lebih mengenai Creep-nya mereka ketimbang Radiohead. Hingga saat iseng melihat-lihat list album terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone, saya melihat albumnya Radiohead berada di posisi 162. Saya yang penasaran pun tertarik mencoba mendengarkan beberapa single nya seperti Paranoid Android dan No Surprises. Reaksi awal saya hanya menyukai No Surprises dan masih asing dengan musikalitasnya Radiohead di lagu Paranoid Android. Namun hal itu tidak menghentikan saya untuk kembali mencari lagu-lagu Radiohead, hingga singkatnya tidak butuh waktu lama saya mulai tertarik dan malah jatuh cinta dengan band ini. Saya pun telah mendengar seluruh lagu Radiohead di tiap album mereka, terkecuali A Moon Shaped Pool yang belum saya coba. Berikut adalah list lagu Radiohead favorit saya, yang tentu bukanlah pekerjaan mudah dengan menyaring hanya 10 lagu saja mengingat begitu banyaknya lagu Radiohead yang membuat saya jatuh cinta. Ingat, list ini hanyalah berdasarkan dari subjektifitas saya, maka bila kalian merasa lagu favorit kalian tidak masuk dalam list ini, kalian boleh berkomentar di bawah :)

Honorable Mentions: High and Dry, Reckoner, Exit Music (For Film), Karma Police, Weird Fishes, Jigsaw Falling into Place, Optimistic

10. Airbag (Ok Computer)

Lagu Radiohead yang saya sukai baru-baru ini. Intronya di dominasi dengan riff guitar yang seperti biasa cukup aneh dan belum bisa ditebak jenis lagu seperti apa Airbag tersebut. Lagu ini kabarnya menceritakan pengalaman dan rasa bersyukur dari Thom Yorke yang selamat dari kecelakaan mobil pada tahun 1987. Airbag mungkin tidak memiliki lirik yang abstrak seperti lagu-lagu Radiohead kebanyakan, namun tetap sebuah pilihan yang ideal dalam menemani kalian dalam perjalanan.
Most favorite part:
In an Interstellar burst
Scrolling up and down, I am born again 


09. Creep (Pablo Honey)

Lagu pertama dari Radiohead yang pertama kali saya dengar. Sebuah lagu yang berhasil membuat tiap personil Radiohead merasakan tertekan akibat terlalu populernya lagu ini di penikmat musik dunia. Simple, tanpa diiringi musik-musik yang aneh, dan memiliki signature akan suara distorsi gitar di bagian reff, Creep adalah lagu anthem bagi mereka yang merasa dirinya aneh atau introvert dalam kehidupan sosial.
Most favorite part:
Whatever makes you happy
Whatever you want
You so fucking special, I wish I was special


08. No Surprises (Ok Computer)

Satu dari sedikit lagu Radiohead yang saya sukai dari pertama kali dengar. Bahkan kala mendengar intronya saja, saya telah yakin bahwa saya akan menyukai lagu ini. Suara sendu Thom Yorke berpengaruh besar dalam membangun suasana kelam nan depresif akan lagu No Surprises. Cerita di balik Music video nya yang hanya memperlihatkan Thom Yorke yang menggunakan helm astronot yang diisi oleh air sedikit demi sedikit itu sendiri pun juga turut membantu kepopuleran lagu ini.
Most favorite part:
The intro

07. Last Flowers (In Rainbows)

Lagu yang menjadi soundtrack pada film keluaran Jepang, Confessions/Kohaku (if you are the movie freak, you should watch this movie). Aura depresif telah tercium di sentuhan piano di awal, dan seperti biasa suara parau dan sendu Thom Yorke juga ikut membantu membangun mood kelam lagu ini.

Most favorite part:
Too much, too bright, too powerful (repeat)

06. Fake Plastic Trees (Ok Computer)

Lagu Radiohead yang juga saya cintai saat pertama kali mendengar. Lagu ini kabarnya terinspirasi akan bangunan Canary Wharf yang berada di London timur yang memiliki beberapa tanaman buatan yang indah. Entah apa yang relasinya dengan lirik-liriknya seperti "If I could be who you wanted" yang terdengar seperti lirik dalam lagu cinta, namun hal itu tidak menghentikan saya untuk mencintai lagu ini. Sepertinya lewat Fake Plastic Trees, Radiohead mengkritik akan dunia sekarang yang dipenuhi dengan kepalsuan.
Most favorite part:
She looks like a real thing
She tastes like a real thing

05. Idioteque (Kid A)

Reaksi awal saya kala mendengar lagu-lagu di album Kid A (terutama Everything In Its Right Place) sama seperti sebagian besar penggemar Radiohead. Penuh dengan keheranan dan pertanyaan "ini beneran Radiohead nih?" terlintas di benak. DNA Radiohead yang saya sukai di album-album sebelumnya musnah dan sempat terpikir untuk tidak menyukai album ini. Namun berkat lagu ini lah saya memberikan kesempatan untuk seluruh lagu di Kid A dan menganggap Radiohead adalah kumpulan musisi yang jenius, yang berani mengubah identitas mereka sebelumnya namun tetap bernafaskan Radiohead dengan isi-isi lagunya. Dan juga mungkin hanya Radiohead yang mengkritik akan situasi pemanasan global dengan suasana musik "menyenangkan", memaksa badan bergoyang.
Most favorite part:
Mobile squearking, mobiles chirping
Take the money run, take the money run, take the money..

04. How to Dissapear Completely (Kid A)

Sekali lagi Radiohead menciptakan lagu untuk orang yang mungkin merasa terasing di kehidupan sosial dan berpikir keberadaannya tak diinginkan, mencoba mencari tempat yang bisa menerimanya namun hingga dicoba beberapa kali hasil yang didapatkan nihil hingga ingin diri menghilang dari lingkungan. Membuktikan kembali bila Radiohead begitu ahli dalam membawa para pendengar ke dunia depresif dengan alunan musik dan liriknya yang, ya depresif.
Most favorite part:
Stobe lights and blown speakers
Fireworks and hurricanes
I'm not here, I'm not here
This isn't happening
I'm not here, I'm not here

03. Paranoid Android (Ok Computer)

Well, you already know this one will coming, right? Tidak ada list lagu Radiohead terbaik atau favorit tanpa menyelipkan track yang tidak sedikit penggemar Radiohead menganggap Paranoid Android adalah lagu terbaik dari Radiohead, bahkan Paranoid Android ini sempat dibandingkan dengan salah satu lagu terbaik sepanjang masa, Bohemian Rhapsody-nya Queen, akibat memiliki part-part yang terbagi hampir sama seperti Bohemian Rhapsody. Jujur saja, hingga saat ini saya tidak sepenuhnya atau bahkan seutuhnya sama sekali tidak mengerti maksud dari lagu ini. Namun, tidak disangkal lagi, berkat komposisi musiknya yang begitu kaya, memiliki signature yang kuat dengan riff gitarnya, Paranoid Android is everyone's favorite.
Most favorite part:
Ambition makes you look pretty ugly
Kicking, squealing Gucci litle piggy
You don't remember
You don't remember
Why don't you remember my name?
Off with his head, man
Off with his head, man
Why don't you remember my name? I guess he does

02. Street Spirit (the bends)

Sama seperti Paranoid Android, lagu yang merupakan salah satu track yang ada di album the bends ini adalah favorit semua orang. Beda dengan Paranoid Android yang begitu rumit dan kaya dalam instrumen, Street Spirit (Fade Out) terkesan sederhana dengan didominasi oleh gitar akustik. Petikan gitar di awal intro seakan telah membangun mood kesedihan yang akan segera menular ke pendengar. Nikmati sejenak segala rasa emosi negatif yang kalian miliki dengan lagu ini, believe me, you'll be glad if you did it.
Most favorite part:
Immerse your soul in love..
Immerse your soul in love..

01. Let Down (Ok Computer)

Most beautiful song Radiohead ever produce. Dan juga tampaknya lagu dari Radiohead yang paling underrated and deserves more recognition. Dari judulnya saja telah terbaca bila lagu ini menceritakan kekecewaan, namun di satu sisi terselip rasa optimis dan keberanian untuk menghadapi semuanya. Saat telah jatuh cinta dengan lagu ini, tidak pernah sekalipun saya mendengar lagu ini tidak merasakan rasa emosional. Dan di bagian klimaksnya, tidak jarang menjatuhkan air mata saya.
Most favorite part:
You know, you know where you are with
You know where you are with
Floor collapsing, floating
Bouncing back and one day, I am gonna grow wings
A chemical reaction (You know where you are)
Hysterical and useless (you know where you are)
Hysterical and (you know where you are)
Let down and hanging around
Crushed like a bug in the ground
Let down and hanging around

Finally, that's my list about my favorite songs from Radiohead. Dan seperti yang telah saya tulis di atas, list ini sangat subjektif dan bila ada lagu Radiohead favorit kalian yang tidak masuk dalam list ini, silahkan komentar di bawah. Selain itu, telah kita ketahui bersama bila makna pada tiap lagu Radiohead itu luas, sehingga saya yakin penjelasan saya tidak cukup mumpuni. Maka, sekali lagi, bila ada interpretasi dari kalian yang menurut kalian perlu dibagikan, silahkan komentar di bawah.



Categories: , ,

1 comment:

  1. Akhir-akhir ini lagi demen banget dengerin radiohead dan emang dari pertama kali denger aja langsung demen sama lagu no surprises!dan gara2 blog ini gue baru tau ternyata lagu radiohead pernah jadi ost kokuhaku film psychological thriller yang epic paraah

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!